Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Gampong (ADG) Dengan Amanah Dalam Meningkatkan Infrastruktur Menurut Fatwa Mpu No 4 Tahun 2014 Digampong Ulul Mayang Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue

Meri Mahendra, 190403052 (2023) Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Gampong (ADG) Dengan Amanah Dalam Meningkatkan Infrastruktur Menurut Fatwa Mpu No 4 Tahun 2014 Digampong Ulul Mayang Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Gampong (ADG) Dengan Amanah Dalam Meningkatkan Infrastruktur Menurut Fatwa Mpu No 4 Tahun 2014 Digampong Ulul Mayang Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue] Text (Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Gampong (ADG) Dengan Amanah Dalam Meningkatkan Infrastruktur Menurut Fatwa Mpu No 4 Tahun 2014 Digampong Ulul Mayang Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue)
Meri Mahendra, 190403052, FDK, MD, 082261179237.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Gampong (ADG) Dengan Amanah Dalam Meningkatkan Infrastruktur Menurut Fatwa MPU No 4 Tahun 2014 di Gampong Ulul Mayang Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Pengelolaan anggaran Menurut Fatwah MPU No 4 tahun 2014 yaitu Pengelolaan anggaran wajib memperhatikan nilai-nilai maqashid al-syariah, hak-hak dasar sosial ekonomi masyarakat serta mencerminkan nilai-nilai keadilan, skala prioritas, transparansi, akuntabel, efisien, dan efektif. Transparansi pengelolaan merupakan salah satu prinsip yang dapat menjamin akses atau kebebasan bagi seluruh masyarakat ulul mayang untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan dan pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintah gampong. Pembangunan infastruktur di gampong ulul mayang belum sempurna di sebabkan beberapa faktor yaitu kurang adanya manajer proyek yang kompeten dalam pembangunan di gampong ulul mayang dan anggaran yang sering terhambat karena banyak nya pengalihan dana pembangunan untuk kegitan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tranparansi pengelolaan alokasi dana gampong di gampong ulul mayang dan Apa hambatan yang di hadapai oleh pemerintah gampong dalam pengelolaan ADG untuk meningkatkan infastruktur dengan transparansi dan amanah di gampong ulul mayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan hambatan yang di hadapi oleh pemerintah gampong dalam pengelolaan dan pembangunan selama tahun 2021-2022 adalah tidak mencukupinya anggaran untuk pembangunan karena banyaknya pengalihan dana pembangunan untuk kagiatan covid-19, pembangunan yang diperkirakan selesai di akhir tahun 2021 namun akan memakan waktu yang lebih lama sehingga pembanguan sampai saat ini belum terselesaikan. Setiap anggaran pembangunan sudah tertulis jelas di ABPDES anggaran kegiatan pembangunan dan beberapa papan informasi, gampong ulul mayang sudah menerapkan prinsip transparansi walaupun belum sepenuhnya di terapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Meri Mahendra Hendra
Date Deposited: 29 May 2023 03:13
Last Modified: 29 May 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item
View Item