Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 6 Meureudu Pidie Jaya

Ulfia Rahmah, 190209017 (2023) Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 6 Meureudu Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 6 Meureudu Pidie Jaya] Text (Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 6 Meureudu Pidie Jaya)
SKRIPSI ULFIA RAHMAH REVISI SIDANG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN 6 Meureudu Pidie Jaya, sebagian hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik belum mencapai KKM (70) dan masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya metode pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar sehingga membuat siswa sulit menguasai materi pelajaran yang disampaikan, dan siswa mudah bosan dengan suasana pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapan metode Guided Note Taking pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 6 Meureudu Pidie Jaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,11% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,34% dengan kategori baik sekali, hasil analisis observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 63,46% kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,38 kategori baik sekali. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 65% kategori cukup pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 90% kategori baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Meureudu Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfia Rahmah Ulfia
Date Deposited: 29 May 2023 03:15
Last Modified: 29 May 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item
View Item