Desi Lisma, 160207161 (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Role Playing Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di SMPN 2 Bubon, Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Desi Lisma, 160207161, FTK, PBL, 08225920592.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Kurang bervariasi penggunaan metode dan alat peraga yang diterapkan dalam pembelajaran siswa kelas VIII/2 SMPN 2 Bubon Aceh Barat sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, solusinya menerapkan metode role playing berbantuan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar, serta respon siswa dengan penggunaan metode role playing berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dan berlangsung dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini guru (peneliti), dan seluruh siswa kelas VIII/2. Tempat penelitian di SMPN 2 Bubon Aceh Barat pada bulan November 2022. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, soal tes untuk hasil belajar, dan lembar angket untuk respon siswa. Analisis data aktivitas guru dan siswa dengan rumus persentase, hasil belajar dengan rumus N-Gain, dan respon siswa dengan skala likert. Hasil penelitian didapatkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I 75,83%, dan pada siklus II menjadi 93,33% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa pada siklus I 74,17% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,67% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I 84% dan pada siklus II menjadi 92%. Hasil Respon siswa dengan metode role playing berbantuan alat peraga pada pada siklus I persentase rata-rata 66,8%, dan siklus II dengan persentase rata-rata 88,2%. Pembelajaran dengan metode role playing berbantuan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar serta respon siswa pada materi sistem pencernaan makanan di kelas VIII/2 SMPN 2 Bubon Aceh Barat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 573 Sistem Fisiologi Spesifik pada Hewan, Histologi dan Fisiologi Regional pada Hewan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Desi Lisma Desi |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:31 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29339 |