Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Role Playing Berbantuan ‎Alat Peraga Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di SMPN 2 Bubon, ‎Aceh Barat

Desi Lisma, 160207161 (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Role Playing Berbantuan ‎Alat Peraga Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di SMPN 2 Bubon, ‎Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode ‎ Role Playing ‎] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode ‎ Role Playing ‎)
Desi Lisma, 160207161, FTK, PBL, 08225920592.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kurang bervariasi penggunaan metode dan alat peraga yang diterapkan dalam ‎pembelajaran siswa kelas VIII/2 SMPN 2 Bubon Aceh Barat sehingga menyebabkan ‎rendahnya hasil belajar siswa, solusinya menerapkan metode role playing berbantuan ‎alat peraga. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan aktivitas guru dan siswa, hasil ‎belajar, serta respon siswa dengan penggunaan metode role playing berbantuan alat ‎peraga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tahapan ‎perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dan berlangsung dalam 2 siklus. ‎Subyek dalam penelitian ini guru (peneliti), dan seluruh siswa kelas VIII/2. Tempat ‎penelitian di SMPN 2 Bubon Aceh Barat pada bulan November 2022. Pengumpulan ‎data dilaksanakan melalui observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa ‎lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, soal tes untuk hasil belajar, dan ‎lembar angket untuk respon siswa. Analisis data aktivitas guru dan siswa dengan ‎rumus persentase, hasil belajar dengan rumus N-Gain, dan respon siswa dengan skala ‎likert. Hasil penelitian didapatkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada ‎siklus I 75,83%, dan pada siklus II menjadi 93,33% dengan kategori sangat baik, ‎aktivitas siswa pada siklus I 74,17% dengan kategori baik dan pada siklus II ‎mengalami peningkatan menjadi 86,67% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar ‎siswa pada siklus I 84% dan pada siklus II menjadi 92%. Hasil Respon siswa dengan ‎metode role playing berbantuan alat peraga pada pada siklus I persentase rata-rata ‎‎66,8%, dan siklus II dengan persentase rata-rata 88,2%. Pembelajaran dengan metode ‎role playing berbantuan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, ‎hasil belajar serta respon siswa pada materi sistem pencernaan makanan di kelas ‎VIII/2 SMPN 2 Bubon Aceh Barat.‎

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 573 Sistem Fisiologi Spesifik pada Hewan, Histologi dan Fisiologi Regional pada Hewan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Desi Lisma Desi
Date Deposited: 30 May 2023 02:31
Last Modified: 30 May 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item
View Item