Penerapan Fungsi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Ulim Pidie Jaya

Anisa Fitri, 180206101 (2022) Penerapan Fungsi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Ulim Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Fungsi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Ulim Pidie Jaya] Text (Penerapan Fungsi Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Ulim Pidie Jaya)
Anisa Fitri, 180206101, FTK, MPI, 082363742083.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Minat belajar siswa dapat ditingkatkan melalui manajemen kelas yang baik dan dilakukan secara professional oleh wali kelas atau guru mata pelajaran. Manajemen kelas itu sendiri dapat diartikan sebagai serangkaian tindakan yang dilakukan guru dalam upaya menciptakan kondisi kelas agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan manajemen kelas, strategi manajemen kelas dan hambatan penerapan fungsi manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dukumentasi serta analisanya menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari wali kelas, guru mata pelajaran dan siswa/I SMPN 2 Ulim Pidie Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kelas dalam rangka peningkatan minat belajar siswa merujuk pada satuan pendidikan yaitu menggunakan RPP, Silabus, KI KD, SKL, PROTA, PROSEM, dan lain sebagainya. Dalam meningkatkan minat belajar siswa guru sudah merumuskan tujuan pembelajaran yang merujuk kepada A B C D. A adalah audient, behavior, condition, digree; (2) Strategi yang dilakukan oleh guru dan wali kelas adalah mencari ide kreatif dan merujuk pada K13 yaitu menggunakan PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan). Strategi dalam manajemen kelas pada penigkatan minat belajar siswa juga sudah dilakukan penataan kelas yang baik dan pemberian motivasi. Penggunaan metode pembelajaran masih dominan pada motode ceramah dan tanya jawab; dan (3) hambatan penerapan fungsi manajemen kelas terhadap minat belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (a) tidak bisa terpenuhi dalam keseluruhan 100% kebijakan yang ditetapkan, karena SMPN 2 Ulim Pidie Jaya bukanlah wilayah yang serba kecukupan dalam media dan sarana, (b) karakter siswa siswa yang berbeda, (c) permasalahan ekonomi, (d) masalah dengan orang tua dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisa Fitri Nisa
Date Deposited: 30 May 2023 02:45
Last Modified: 30 May 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item
View Item