Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kantong Gurita Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4- 5 Tahun Di TK Bunga Bangsa.

Cut Fitriyanti, 180210092 (2023) Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kantong Gurita Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4- 5 Tahun Di TK Bunga Bangsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kantong Gurita Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak   Usia 4- 5 Tahun Di TK Bunga Bangsa] Text (Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kantong Gurita Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4- 5 Tahun Di TK Bunga Bangsa)
Cut Fitriyanti, 180210092, FTK, PIAUD, 085760547609.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang dirancang sebagai sarana atau alat bantu untuk memperjelas materi, menstimulus perkembangan dan kemampuan anak sehingga menimbulkan rasa senang dan memiliki nilai pendidikan di dalamnya. Akan tetapi masih banyak sekolah yang tidak memperhatikan dan mementingkan hal tersebut sehingga proses pembelajaran yang terjadi di kelas hanya dengan kegiatan yang sama tanpa menggunakan alat permainan edukatif. Penelitian ini dilakukan di TK Bunga Bangsa Aceh Besar, tujuannya adalah untuk mengembangkan alat permainan edukatif kantong gurita yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Rancangan APE kantong gurita menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian yang dilakuakan bahwa alat permainan edukatif kantong gurita ini termasuk dalam kategori layak digunakan untuk mengembangkan motorik halus. Hasil kelayakan yang diperoleh dari ahli media 80% dan dari dosen ahli materi memperoleh presentase 80% dengan kategori layak atau valid, validasi yang dilakukan oleh guru memperoleh hasil persentase materi 80% dan media 90%. Adapun nilai rata-rata penggunaan alat permainan edukatif kantong gurita setelah pemberlakuan mendapatkan presentase 81,25% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Sehingga dapat dilihat bahwa APE kantong gurita ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Motorik Halus, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Fitriyanti
Date Deposited: 30 May 2023 02:47
Last Modified: 30 May 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item
View Item