Ajaran Ilmu Hakikat dalam Perspektif Haji Ahmad Laksamana (Kajian Kitab Hakikat Insan)

Nur Fadlina binti Ibrahim, 170304050 (2022) Ajaran Ilmu Hakikat dalam Perspektif Haji Ahmad Laksamana (Kajian Kitab Hakikat Insan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ajaran Ilmu Hakikat dalam Perspektif Haji Ahmad Laksamana] Text (Ajaran Ilmu Hakikat dalam Perspektif Haji Ahmad Laksamana)
Nur Fadlina binti Ibrahim, 170304050, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Satu bentuk ilmu yang dipelajari dalam tasawuf adalah ilmu hakikat, ia menjadi bagian yang diperbolehkan untuk mempelajari ilmu hakikat. Namun tidak sedikit terjadinya penyimpangan aqidah dalam mempelajari ilmu hakikat, salah satunya ajaran yang dibawa oleh Ahmad Laksamana sehingga menyebabkan aqidah seseorang mukmin itu menyimpang. Penyimpangan aqidah atau ajaran hakikat semakin banyak terjadi dengan munculnya ajaran yang dikenal dengan ajaran ilmu faktual. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk memahami ilmu dan ajaran yang dijunjung tinggi dan disebarluaskan oleh Ahmad Laksamana keluar dari landasan ajaran tasawuf.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif dianalisa. Metode ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya, prilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Pengumpulan data dan menelaah buku-buku ilmu kalam dan tasawuf. Secara khusus yang dilakukan dengan mengumpul data dan meneliti kitab berkaitan keagamaan yang menafsirkan ajaran tasawuf yaitu Ilmu Hakikat.
Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat ilmu hakikat yang dibawa oleh Ahmad Laksamana yang membahas beberapa pertanyaan berkaitan penulisan kitab Hakikat Insan dan penafsiran ayat Alquran yang diselewengkan menyalahi kaedah tafsiran dan ajaran ilmu hakikat dalam kitab penulisan Ahmad Laksamana tidak mengikut ajaran tasawuf sebenar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Nur Fadlina Binti Ibrahim Fadlina
Date Deposited: 30 May 2023 02:57
Last Modified: 30 May 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item
View Item