Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Materi Protista Kelas X IPA Di MAN 4 Aceh Selatan

Widia Maulijar, 180207097 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Materi Protista Kelas X IPA Di MAN 4 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Materi Protista Kelas X IPA Di MAN 4 Aceh Selatan] Text (Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Materi Protista Kelas X IPA Di MAN 4 Aceh Selatan)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru di MAN 4 Aceh Selatan dalam mengajar dikelas menyebabkan siswa cenderung kurang memahami materi protista. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MAN 4 Aceh Selatan, khusus pembelajaran biologi materi protista masih rendah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas belajar, respon dan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran interaktif berbasisAdobe Flash CS3pada materi protista mata pelajaran biologi kelas X IPA di MAN 4 Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di MAN4Aceh selatan, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 berjumlah25 orang dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan angket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama, rata-rata siswa yang aktif berjumlah 19 orang atau 76% dari 25 orang siswa dengan kategori baik. Kedua,rata-rata respon siswa sebesar 80,64% dengan kategori baik.Ketiga,peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPA di MAN 4 Aceh Selatan sebesar 0,69 dengan kategori sedang.Dapat disimpulkan bahwa, pertama, penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS3 pada pembelajaran biologi materi protista dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X IPA di MAN 4 Aceh Selatan. Kedua, media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS3 pada materi protista dapat dikatakan efisien saat diterapkan pada siswa kelas X IPA di MAN 4 Aceh Selatan.Ketiga, penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi protista di MAN 4 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Widia Maulijar Widia
Date Deposited: 30 May 2023 02:59
Last Modified: 30 May 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29358

Actions (login required)

View Item
View Item