Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya

Jufri MA, 170206084 (2022) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya] Text (Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya)
Jufri MA, 170206084, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan hal yang sangat menentukan dalam proses peningkatan profesionalitas guru, tanpa adanya kompetensi manajerial kepala sekolah dalam proses peningkatan profesionalitas guru dapat membuat dampak yang tidak baik terhadap proses peningkatan profesionalitas guru di sekolah . SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam peningkatan profesionalitas guru yang pelaksanaan dan strategi yang baik digunakan oleh kepala sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian kepala sekolah dan dua guru di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sebagai kompetensi manajerial dalam peningkatan profesionalitas guru di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya melaksanakan tugasya sudah maksimal sesuai dengan program kompetensi manajerial yang telah ditetapkan. Pelaksanaan dan stategi yang digunakan kepala sekolah sebagai kompetensi manajerial dalam peningkatan profesionalitas guru di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya adalah dengan di ikut sertakan guru yang ada di sekolah dalam seminar ataupun workshop baik yang di adakan oleh pemerintah atau lainnya serta kepala sekolah mengadakan rapat besama guru dan kerja sama di sekolah secara rutin guna meningkatkan kemampuan profesionalitas guru. Kemudian kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam melakukan peningkatan profesionalitas guru di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya adalah guru belum maksimal dalam memanfaatkan fasilitas yang ada sebagai media dalam pembelajaran. Selain itu juga kepala sekolah mengalami hambatan dengan belum maksimalnya guru dalam pengaplikasian fasilitas yang tersedia saat melaksanakan peningkatan profesionalitas guru. Dengan adanya penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang positif kepala SMAN 2 Aceh Jaya dalam melaksanakan kegiatan peningkatan profesionalitas guru. Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan oleh pihak-pihak terkait dalam bidang ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jufri MA Jufri
Date Deposited: 30 May 2023 03:01
Last Modified: 30 May 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29361

Actions (login required)

View Item
View Item