Peningkatan Kemampuan Perkembangan Bahasa Melalui Gerakan Asmaul Husna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Angkasa Blang Bintang Aceh Besar

Siti Jemier, 150210014 (2021) Peningkatan Kemampuan Perkembangan Bahasa Melalui Gerakan Asmaul Husna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Angkasa Blang Bintang Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Perkembangan Bahasa Melalui      Gerakan Asmaul Husna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK      Angkasa Blang Bintang  Aceh Besar] Text (Peningkatan Kemampuan Perkembangan Bahasa Melalui Gerakan Asmaul Husna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Angkasa Blang Bintang Aceh Besar)
Siti Jemier, 150210014, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek yang paling penting terutama bahasa ekspresif dimana anak usia 4-5 tahun seharusnya sudah mampu dalam bertanya, memberikan pendapat, serta mampu mengulang kembali isi asmaul husna secara sederhana. Permasalahan ditemukan bahwa di TK Angkasa Blang Bintang Aceh Besar adalah kurang lancarnya kemampuan berbahasa anak yaitu anak kurang mampu untuk bertanya, kurang percaya diri dalam memberikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah gerakan asmaul husna dapat meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Angkasa Blang Bintang Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-eksperimental Design dengan metode pendekatan kuantitatif yaitu one group pre-test and post-test design yaitu desain penelitian yang terdapat pre-test dan post-test. Sampel yang diambil adalah berjumlah 12 anggota anak. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, Cheklist, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji-t, dan hipotesis. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa gerakan asmaul husna terhadap perkmbangan bahsa yaitu t-hitung lebih besar dari t-tabel (11.111 ˃1.796) sehingga hipotesis tindakan Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya bahwa gerakan asmaul husna memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Angkasa Blang Bintang Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Siti Jemier Mier
Date Deposited: 30 May 2023 03:08
Last Modified: 30 May 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item
View Item