Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Materi Asam dan Basa Berbasis Predict-Observe-Explain Di SMA Negeri Unggul Darussa’adah Kluet Raya

Maghfiratul Fuja, 170208047 (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Materi Asam dan Basa Berbasis Predict-Observe-Explain Di SMA Negeri Unggul Darussa’adah Kluet Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan LKPD] Text (Pengembangan LKPD)
Maghfiratul Fuja, 170208047, FTK, PKM, 081375650092.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada materi Asam dan Basa telah dilakukan di SMA Negeri Unggul Darussa’adah Kluet Raya. Dari hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan diperoleh bahwa di SMA Negeri Unggul Darussa’adah Kluet Raya, disekolah tersebut bahwasanya ada bahan ajar yang berupa LKPD dan bahkan sering digunakan di sekolah, akan tetapi LKPD yang digunakan hanya menggunakan beberapa contoh soal sehingga membuat siswa kurang tertarik dan dapat dilihat dari kurangnya ketertarikan peserta didik ditandai dengan belum mencapainya nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Predict-Observe-Explain(POE) pada materi Asam dan Basa di SMA Negeri Unggul Darussa’adah Kluet Raya. Subjek penelitian ini yaitu 18 orang peserta didik kelas XI IPA dan 1 guru kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa langkah yaitu, tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap evaluasi dan tahap implementasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Hasil validasi dari ketiga orang validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 89,3% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon guru diperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat setuju. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 89,8% dengan kriteria sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis POE pada materi Asam dan Basa ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar di SMA Negeri Unggul Darussa’adah Kluet Raya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maghfiratul Fuja Fuja
Date Deposited: 31 May 2023 02:15
Last Modified: 31 May 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29369

Actions (login required)

View Item
View Item