Turnitin - Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam berbasis Kitab Kuning pada Ma'had Aly di Aceh

Teuku Zulkhairi, 2015088501 (2023) Turnitin - Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam berbasis Kitab Kuning pada Ma'had Aly di Aceh. Pertama ed. UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Buku ini menjelaskan tentang pengembangan kurikulum Ma'had Aly di Aceh yang merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam khas pesantren] Text (Buku ini menjelaskan tentang pengembangan kurikulum Ma'had Aly di Aceh yang merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam khas pesantren)
Buku Pengembangan Kurikulum Mahad Aly_merged (5).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Secara umum, buku ini menjelaskan tentang sistem pengembangan kurikulum pendidikan Islam berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi Islam khas pesantren, yaitu Ma'had Aly di Provinsi Aceh. Pengembangan kurikulum ini dilakukan untuk melahirkan kader-kader ulama yang Mutafaqquh Fiddin. Dari sebanyak enam Ma'had Aly yang ada di Aceh, penulisan buku ini merujuk kepada tiga Ma'had Aly, yaitu Ma'had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng, Ma'had Aly Mudi Mesra dan tentu saja, yaitu Ma'had Aly Babussalam Al -Hanafiyyah tempat dimana saat ini penulis juga mencatat sebagai mudir sementara waktu. Pada Ma'had Aly Ketiga ini, Kitab kuning menjadi fokus utama dalam pengembangan kurikulum, baik pada proses perencanaan, implementasi maupun evaluasi. Pada tahapan perencanaan, mata kuliah dilakukan dengan berbasis kitab kuning. Untuk mencapai target pembelajaran, penguasaan kitab kuning dijadikan sebagai keterampilan khusus lulusan. Pada proses implementasi kurikulum, kitab kuning dijadikan sebagai referensi utama pembelajaran.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 31 May 2023 03:09
Last Modified: 31 May 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item
View Item