Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar

Maghfirah, 190201077 (2023) Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar] Text (Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar)
Maghfirah, 190201077, FTK, PAI, 087881113648.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Masalah kenakalan siswa dalam dunia pendidikan sudah menjadi hal yang tidak asing lagi untuk didengar. Kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh siswa terkadang bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku di masyarakat. Berangkat dari latar belakang itulah peneliti kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar. Terdapat beberapa pertanyaan yang timbul dalam penelitian ini, yaitu Apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar, faktor apa saja yang menyebabkan kenakalan siswa di SDN Leupung 26 terjadi Kuta Baro Aceh Besar, dan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SD Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis (paparan). Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berasal dari kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya bentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar antara lain yang pertama kenakalan ringan berupa terlambat datang ke sekolah, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, terlambat. Kedua kenakalan berat berupa perkelahian dengan sesama teman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa ada 3 sebab yaitu: Pertama lingkungan keluarga di antaranya disharmonisasi keluarga dan broken home, kurang kasih sayang orang tua, masalah ekonomi keluarga. Kedua lingkungan sekolah yaitu kondisi siswa disekolah yang kurang mendukung, misalnya dari teman bergaulnya. Ketiga lingkungan masyarakat adalah lingkungan yang terluas bagi siswa dan adanya kemajuan teknologi yang disalahgunakan. Strategi guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SDN Leupung 26 Kuta Baro Aceh Besar yaitu: pertama, strategi Preventif (pencegahan) seperti mengadakan kegiatan keagamaan, menjalin kerjasama antara sekolah dengan orang tua siswa. Hubungan guru dengan murid. Kedua strategi kuratif (penyembuhan) seperti mengadakan pendekatan langsung kepada siswa yang bermasalah (bimbingan pribadi), menekankan pembinaan moral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maghfirah Maghfirah
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:45
Last Modified: 05 Jun 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item
View Item