Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Tekanan Zat Tingkat SMP/MTs

Ainun Nazah Sihaf, 190204065 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Tekanan Zat Tingkat SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ainun Nazah Sihaf , 190204065, FTK, PFS, 082284957573.pdf] Text
Ainun Nazah Sihaf , 190204065, FTK, PFS, 082284957573.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas VIII SMP Islam Terpadu Darussalam Kota Subulussalam bahwa bahan ajar yang digunakan hanya buku paket saja. Dari masalah tersebut peneliti tertarik melaksanakan Penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis Numbered Head Together (NHT) tingkat SMP/MTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, mengetahui tingkat kelayakan, dan respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis Numbered Head Together pada materi tekanan zat tingkat SMP/MTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan lembar angket. Desain modul pembelajaran berbasis Numbered Head Together (NHT) tingkat SMP/MTS melalui dua tahapan yaitu menyusun materi dan menyusun RPP. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 94,4% dan validasi ahli media sebesar 95,5%, sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan sebesar 94,95% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh sebesar 95,5% dengan kriteria sangat menarik. Terkait pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaram berbasis model NHT pada Materi Tekanan Zat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ainun Nazah Sihaf
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:43
Last Modified: 05 Jun 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29403

Actions (login required)

View Item
View Item