Pengembangan Media Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar

Wilda Nuzulla, 190209054 (2023) Pengembangan Media Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung  Aceh Besar.] Text (Pengembangan Media Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar.)
SKRIPSI WILDA NUZULLA SELESAI FIX SIDANG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan di SD Negeri Lamreung Aceh Besar dalam proses pembelajaran tematik sebagian guru sudah menggunakan media pembelajaran seperti media gambar dan powerpoin, akan tetapi belum maksimal. Selain itu ditemukan beberapa permasalah yaitu siswa susah mendapatkan materi karena minimnya buku tematik di sekolah. Kurangnya penjelasan materi yang ada dalam buku tematik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan buku saku digital berbasis mind mapping agar siswa mudah dalam memahami materi yang ada dalam buku temtik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana desain media pembelajaran buku saku digital berbasis mind mapping untuk siswa kelas III; (2) untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran buku saku digital berbasis mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Developmenet (R&D), yaitu dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelayakan media pembelajaran buku saku digital berbasis mind mapping dinilai oleh ahli media memperoleh persentase skor 85,71% dengan kategori “sangat layak” dan kelayakan media buku saku digital berbasis mind mapping ahli materi memperoleh persentase skor 90% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan untuk respon siswa memperoleh persentase skor 95,1% dengan kategori “sangat menarik” dan hasil respon guru memperoleh persentase skor 93,33% dengan kategori “sangat menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku saku digital berbasis mind mapping untuk siswa kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wilda Nuzulla Wilda
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:01
Last Modified: 05 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29404

Actions (login required)

View Item
View Item