Pengembangan E-Modul Berbasis Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA/MA

Fena Julita, 190204009 (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Fena Julita, 190204009, FTK, PFS, 082260907317.pdf] Text
Fena Julita, 190204009, FTK, PFS, 082260907317.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

PhET Simulation merupakan simulasi animasi pembelajaran yang bersifat interaktif dan akan memperdalam pemahaman dan meningkatkan minat peserta didik terhadap ilmu fisika. Fakta yang diperoleh dari lapangan yaitu, belum dimanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran sebagai mana yang ingin diterapkan pada pendidikan yang berkembang saat ini, selain itu minat belajar peserta didik masih sangat rendah hal ini dikarena pembelajaran fisika kurang disukai oleh peserta didik, kurangnya bahan ajar dalam proses pembelajaran, fasilitas laboratorium kurang memadai sehingga menjadi hambatan bagi peserta didik untuk melakukan praktikum dan waktu yang terbatas menjadi salah satu alasan tidak menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendesain E-modul berbasis PhET Simulation pada Materi Fluida Dinamis SMA/MA dan mengetahui kelayakan E-modul berbasis PhET Simulation pada Materi Fluida Dinamis SMA/MA. E-modul berbasis PhET Simulation dengan mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dikarenakan dengan menggunakan model penelitian ini produk yang dihasilkan dalam bentuk elektronik dan tidak dicetak, yang terdiri dari tiga tahapan meliputi (1) Planning, (2) Design yaitu tahap penulis merancang produk berupa modul dengan mengembangkan konsep yang telah ditentukan dan (3) Development. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah E-modul berbasis PhET Simulation pada Materi Fluida Dinamis SMA/MA. Hasil validasi ahli materi dengan aspek kelayakan isi 87%, aspek kelayakan penyajian 92,25% dan aspek kelayakan kebahasaan 85,50%, dengan jumlah total persentase diperoleh hasil persentase sebesar 88,25%. Dan validasi ahli media dengan aspek kelayakan tampilan 96,5% dengan jumlah total persentase 97,62%. Kategori yang dihasilkan tergolong kedalam kriteria layak digunakan dengan predikat sangat bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fena Julita
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:43
Last Modified: 05 Jun 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29405

Actions (login required)

View Item
View Item