Public Speaking Dalam Praktek Muhadharah Untuk Melatih Public Speaking Santriwati Pesantren Darurrahmah Gampong Kotafajar, Aceh Selatan.

Prilli Prisiska, 170401123 (2023) Public Speaking Dalam Praktek Muhadharah Untuk Melatih Public Speaking Santriwati Pesantren Darurrahmah Gampong Kotafajar, Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Public Speaking Dalam Praktek Muhadharah Untuk Melatih Public Speaking  Santriwati Pesantren Darurrahmah Gampong Kotafajar, Aceh Selatan] Text (Public Speaking Dalam Praktek Muhadharah Untuk Melatih Public Speaking Santriwati Pesantren Darurrahmah Gampong Kotafajar, Aceh Selatan)
Prilli Prisiska, 170401123, FDK, KPI, 082274723078.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Public speaking aktivitas berbicara secara terstruktur. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah public speaking belum dipraktekkan sebagai materi pelatihan kelancaran berbicara pada pelaksanaan kegiatan muhadharah di Pesantren Darurrahmah Gampong Kotafajar, Aceh Selatan, sehingga menjadi keterbatasan pada santriwati untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah. Keterbatasan yang dihadapi oleh santriwati adalah masih terlihat ragu-ragu atau kaku serta tidak percaya diri untuk tampil didepan dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah, sehingga apa yang disampaikan hanya sekedar penyampaian secara lisan tetapi makna dan isi pesan-pesan dakwah tidak dapat diterima atau diterapkan oleh mad’u atau audiens. Maka dari itu masih banyak santriwati yang belum memahami akan teknik public speaking. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan public speaking yang dilakukan melalui praktek muhadharah oleh santriwati pesantren Darurrahmah. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan delapan orang narasumber dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada materi muhadharah, santriwati bebas memilih topik atau judul apa saja yang terkait dengan agama Islam dan praktek public speaking dalam kegiatan muhadharah masih sangat rendah, karena pada aliranya, untuk meningkatkan public speaking, santriwati perlu diajarkan terkait materi-materi pada public speaking, sedangkan yang jadi permasalahannya adalah, pada pesantren Darurrahmah, public speaking belum dijadikan atau menerapkan materi pembelajaran public speaking. Proses kegiatan public speaking melalui praktek muhadhrah dilakukan oleh santriwati yang dipilih secara individu, dan persiapan dimulai dari praktek, pembuatan materi hingga penguasaan materi oleh santriwati. Pentingnya kemampuan berbicara di depan umum sangatlah mutlak. Kemampuan inilah yang menjadi landasan keberhasilan setiap individu dalam segala bidang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Public Speaking, Muhadharah, Praktek
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Prilli Prisiska
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:53
Last Modified: 05 Jun 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29409

Actions (login required)

View Item
View Item