Strategi Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat

Arief Fazillah, 150602095 (2022) Strategi Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Baitul Mal Kabupaten Pidie  Dalam Meningkatkan Kesadaran   Masyarakat Membayar Zakat] Text (Strategi Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat)
ARIF EDIT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Strategi Baitul Mal Kabupaten Pidie Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan instrumen yang digunakan yaitu dengan wawancara langsung, dengan informan sebanyak 10 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Baitul Mal Kabupaten Pidie dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat antara lain dengan sosialisasi menggunakan beberapa cara yaitu melalui media sosial seperti website, facebook, dan instagram. Kendala yang dihadapi Baitul Mal dalam pengumpulan Zakat di Kabupaten Pidie antara lain sulitnya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Lembaga Baitul Mal. Penyebab masyarakat tidak membayar zakat di baitul mal Kabupaten Pidie antara lain religiusitas, kepercayaan dan lokasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.142 Zakat Mal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Arief Fazillah Arief
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:54
Last Modified: 05 Jun 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item
View Item