Nilai Teologis dalam Kegiatan Khuruj Fi Sabilillah Jama’ah Tabligh.

Sapuan Husni, 180301011 (2023) Nilai Teologis dalam Kegiatan Khuruj Fi Sabilillah Jama’ah Tabligh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nilai Teologis dalam Kegiatan Khuruj Fi Sabilillah Jama’ah Tabligh] Text (Nilai Teologis dalam Kegiatan Khuruj Fi Sabilillah Jama’ah Tabligh)
Sapuan Husni, 180301011, FUF, AFI, 085262572742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Jama’ah Tabligh merupakan kelompok dakwah yang berasal dari New Delhi india yang berusaha memberikan pemahaman dan kesadaran kepada umat Islam akan pentingnya amalan yang dicontohkan Nabi dan para sahabatnya, semangat untuk memakmurkan masjid, agar umat Islam tidak hanya sibuk dengan urusan dunia, tetapi menyeimbangkan kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas khuruj fi sabilillah jama’ah tabligh di Desa Perapat Hilir Kabupaten Aceh Tenggara dan nilai teologis dalam aktivitas khuruj pada Jama’ah Tabligh di Desa Perapat Hilir tersebut.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Informan penelitian ini terdiri dari pimpinan dan anggota jama’ah tabligh, tokoh masyarakat dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas khuruj fi sabilillah jama’ah tabligh di Desa Perapat Hilir dengan dua cara, yaitu : pertama, dengan melakukan dakwah di lokasi tempat jama’ah tinggal secara berkelompok dengan menjadikan masjid sebagai tempat tinggal dan pusat berdakwah. Kedua, khuruj fi sabilillah di luar tempat tinggal dengan aktivitas terdiri dari jaulah, bayan/ceramah, ijtima’, ta’lim dan musyawarah. nilai teologis yang terkandung dalam aktivitas khuruj fi sabilillah jama’ah tabligh di Desa Perapat Hilir terdiri dari: pertama, nilai uluhiyah yang berupa nilai ibadah baik berupa dakwah dan melaksanakan kewajiban kepada Allah Swt. Kedua, nilai mengutamakan kepentingan akhirat tanpa mengharapkan imbalan atau pujian dari orang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Sapuan Husni
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:47
Last Modified: 05 Jun 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29415

Actions (login required)

View Item
View Item