Identifikasi Logam Berat Dan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Ekor Kucing (Typha Latifolia) Pada Air Lindi (Studi Kasus Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang, Aceh Besar).

Ronal Zia Ulhaq, 160702108 (2023) Identifikasi Logam Berat Dan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Ekor Kucing (Typha Latifolia) Pada Air Lindi (Studi Kasus Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang, Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Logam Berat Dan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Ekor Kucing (Typha Latifolia) Pada Air Lindi (Studi Kasus Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang, Aceh Besar)] Text (Identifikasi Logam Berat Dan Fitoremediasi Menggunakan Tanaman Ekor Kucing (Typha Latifolia) Pada Air Lindi (Studi Kasus Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang, Aceh Besar))
Ronal Zia Ulhaq, 160702108, FST, TL, 081375620905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blang Bintang, Aceh Besar merupakan salah satu lokasi pembuangan sampah yang terdapat di Provinsi Aceh. TPA Blang Bintang melakukan pengolahan secara aerobik. Metode yang dapat digunakan untuk meremediasi air lindi TPA adalah dengan menggunakan tanaman (fitoremediasi) Ekor Kucing (Typha latifolia). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi logam berat pada air lindi TPA Blang Bintang, Aceh Besar serta untuk mengetahui efektivitas tanaman Ekor Kucing (Typha latifolia), dalam menurunkan kadar logam berat pada air lindi TPA Blang Bintang, Aceh Besar. Pada penelitian ini menggunakan media tanam (tanah) setinggi 5 cm. Sampel yang dianalisis pada tumbuhan Ekor Kucing (Typha latifolia) yaitu akar dan daun selama 9 hari proses fitoremediasi. Untuk pengujian logam Besi (Fe) menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Dari hasil penelitian akumulasi logam berat Fe di daun mengalami kenaikan secara bertahap mulai dari hari ke-3 hingga pada hari ke-9 dengan nilai tertinggi pada hari ke-9 yaitu sebesar 0,83 dan akumulasi logam berat pada akar di minggu kedua lebih rendah dibandingkan dengan hari ke-3 dan hari ke-6 dengan akumulasinya sebesar 0,78. Sedangkan untuk kualitas air lindi TPA sudah sesuai yang diharapkan karena memenuhi baku mutu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solusi Per Aqua dan Pemandian Umum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tempat Pembuangan Akhir TPA, Air Lindi Fitoremediasi, Tanaman Ekor Kucing (Typha latifolia).
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ronal Zia Ulhaq Ronal
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:58
Last Modified: 05 Jun 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item
View Item