Penggunaan Media Replika Fungsi Organ Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar.

Rahma Nofiya, 180209105 (2023) Penggunaan Media Replika Fungsi Organ Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Replika Fungsi Organ Peredaran         Darah Manusia Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar.] Text (Penggunaan Media Replika Fungsi Organ Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas V MIN 3 Aceh Besar.)
Rahma Noviya, 180209105, FTK, PGMI, 082246484127.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA masih sangat kurang, ditandai masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi terkhususnya pada materi fungsi organ peredaran darah manusia, terkait nama, bentuk serta proses dari fungsi organ peredaran darah manusia. Dengan permasalah tersebut guru perlu untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta didik dengan menggunakan media replika fungsi organ peredaran darah manusia. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media replika fungsi organ peredaran darah mansuia di kelas V/A. 2) Mengetahui aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media replika fungsi organ peredaran darah manusia di kelas V/A. 3) Mengetahui pemahaman peserta didik dengan menggunakan media replika fungsi organ peredaran darah manusia di kelas V/A. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukakn dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi peserta didik, dan soal tes pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 66,42% kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 91,42% kategori baik sekali. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh 57,03% kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 79,29% kategori baik. Dan (3) Pemahaman peserta didik pada siklus I diperoleh 50,90% kategori sedang, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 71,11% kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media replika fungsi organ peredaran darah manusia dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Replika Fungsi Organ Peredaran Darah Manusia, Pemahaman Siswa.
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahma Nofiya Dekya
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:01
Last Modified: 05 Jun 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29427

Actions (login required)

View Item
View Item