Karakterisasi Bakteri Endofit Pada Daun dan Ranting Asam Keranji (Dialium indum L.)

Wahmi, 170703078 (2022) Karakterisasi Bakteri Endofit Pada Daun dan Ranting Asam Keranji (Dialium indum L.). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakterisasi Bakteri Endofit Pada Daun dan Ranting  Asam Keranji (Dialium indum L.)] Text (Karakterisasi Bakteri Endofit Pada Daun dan Ranting Asam Keranji (Dialium indum L.))
SKRIP WAHMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bakteri endofit adalah bakteri yang berada dan hidup di dalam jaringan tumbuhan tanpa menimbulkan gejala-gejala penyakit bagi tumbuhan. Beberapa bakteri endofit diketahui dapat memproduksi senyawa aktif bersifat antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bakteri endofit yang terdapat pada daun dan ranting asam keranji (Dialium indum L.). Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Karakteristik morfologi bakteri endofit didapat dari 14 isolat daun dan 11 isolat ranting daun asam keranji memiliki ciri-ciri morfologi yang berbeda-beda. Isolat daun yang ditemukan memiliki bentuk seperti akar dan tidak beraturan, memiliki tepian bergelombang dan bergerigi, memiliki elevasi rata memiliki warna krem putih, putih dan putih transparan sedangkan isolat ranting daun yang ditemukan memiliki bentuk tidak beraturan dan benang-benang memiliki tepian bergelombang, memiliki elevasi rata memiliki warna krem, kuning, krem kekuningan, krem putih, krem coklat. Uji biokimia katalase positif, urease positif dan negatif, indol negatif, motilitas positif dan negatif, sitrat positif dan negatif, sukrosa positif dan negatif, laktosa positif dan negatif, glukosa positif dan negatif, H2S negatif, gas negatif dan endospora positif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di dapatkan 25 isolat yang termasuk ke dalam genus Bacillus sp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Wahmi Wahmi
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:14
Last Modified: 05 Jun 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29430

Actions (login required)

View Item
View Item