Coping Stress Petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Diskriptif Terhadap Petugas Instalasi Gawat Darurat Di Puskesmas Lampupok Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar)

Suryati, 170402079 (2022) Coping Stress Petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Diskriptif Terhadap Petugas Instalasi Gawat Darurat Di Puskesmas Lampupok Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Coping Stress Petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Diskriptif Terhadap Petugas Instalasi Gawat Darurat  Di Puskesmas Lampupok Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar)] Text (Coping Stress Petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Diskriptif Terhadap Petugas Instalasi Gawat Darurat Di Puskesmas Lampupok Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Coping Stress Petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Diskriptif Terhadap Petugas Instalasi Gawat Darurat Di Puskesmas Lampupok Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar)”. Dalam situasi pandemi covid-19 perawat-perawat yang menangani pasien-pasien di puskesmas biasanya cenderung mengalami tekanan berupa stres karena mengkhawatirkan akan tertularnya virus covid-19. Kenyataannya banyak perawat yang langsung menangani poasien-pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas Lampupok tidak mengalami tekanan-tekanan stres akibat pandemi covid-19 tersebut. Hal ini terlihat dari pelayanan yang diberikan masih sama sebelum situasi pandemi covid terjadi baik dari segi komunikasi yang dibangun, penanganan kasus atau penanganan pasien dan pelayanan-pelayanan dalam menangani penyakit terhadap pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gangguan psikilogis apa saja yang kerap dialami petugas instalasi gawat darurat dan untuk mengetahui bentuk Coping stres petugas instalasi gawat darurat pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif analisis. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan gangguan psikologis yang kerap dialami oleh petugas Instalasi Gawat Darurat pada masa pandemi covid-19 yaitu rasa cemas, jenuh, khawatir dan beban mental. Bentuk coping stres yang dialami oleh petugas Instalasi Gawat Darurat yaitu Emosional Focused Coping yang merupakan strategi untuk meredakan emosi individu yang ditimbulkan oleh stressor, tanpa berusaha untuk mengubah suatu situasi yang menjadi sumber stres secara langsung dengan meningkatkan ibadah shalat, zikir dan berdoa kepada Allah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Suryati Suryati
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:13
Last Modified: 05 Jun 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item
View Item