Pengaruh Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Aceh Besar

Affrannisah, 251324465 (2018) Pengaruh Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang multimedia)
skripsi Affrannisah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi gerak lurus adalah nilai rata-rata pada materi gerak lurus masih di bawah KKM, hal ini disebabkan karena masih kurang dalam menggunakan media dan masih menggunakan pengajaran konvensional. Multimedia adalah berupa kombinasi antara teks, grafik, animasi, suara dan gambar yang dapat digunakan untuk melayani berbagai gaya belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X MAN 4 Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguh–sungguh (pre-experimental) dengan desain One Group Pretest-Posttest Desain (test awal dan akhir) menggunakan satu kelas eksperimen yang melibatkan 20 siswa/i . Pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk multiple choice. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian statistik yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata kelas X MIA1 meningkat dari pretest 48,1% yang diberikan sebelum diberi perlakuan atau pembelajaran melalui multimedia menjadi 77% pada posttest yang telah diberi perlakuan. Peningkatan hasil belajar juga berdasarkan uji n–gain dengan peningkatan rata–rata 51,45 % (kategori sedang). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 11,72>1,729 untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga H_a diterima. Berdasarkan hasil penelitian sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh multimedia terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas X MAN 4 Aceh Besar yang diajarkan melalui pembelajaran melalui multimedia pada materi gerak lurus dikarenakan persentase posttest > persentase preetest, yaitu 77% > 48,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Soewarno S, M.Si 2. Nurhayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Media, Hasil Belajar, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: affran affran
Date Deposited: 15 Mar 2018 09:03
Last Modified: 15 Mar 2018 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item
TOP