Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gerak Parabola Di SMA/MA

Hafizah Zahra, 190204017 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gerak Parabola Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hafizah Zahra, 190204017, FTK, PFS, 081248679810.pdf] Text
Hafizah Zahra, 190204017, FTK, PFS, 081248679810.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian yang telah dilakukan, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika seperti pada materi gerak parabola dikarenakan kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesain modul pembelajaran fisika berbasis multirepresentasi pada materi gerak parabola dan untuk mengetahui tingkat kelayakan maupun respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis multirepresentasi pada materi gerak parabola. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Model yang digunakan dalam pengembangan adalah 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Dissiminate. Instrument yang digunakan dalam penelitian Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gerak Parabola di SMA/MA ini berupa lembar validasi oleh ahli materi dengan perolehan skor sebesar 89,6% dengan kriteria sangat valid, lembar validasi oleh ahli media memperoleh skor sebesar 90,5 % dengan kriteria sangat valid, lembar validasi oleh ahli pembelajaran memperoleh skor sebesar 88,7% dengan kriteria sangat valid, lembar validasi kelayakan oleh guru memperoleh skor sebesar 98,2% dengan kriteria sangat layak, serta lembar respon peserta didik memperoleh skor sebesar 87% dengan kriteria sangat setuju. Setelah melakukan uji coba produk dalam skala kecil dan melakukan validasi terhadap modul yang telah dikembangkan dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gerak Parabola di SMA/MA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hafizah Zahra
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:13
Last Modified: 06 Jun 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29469

Actions (login required)

View Item
View Item