Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Budaya Islami di SMPN 1 Tangse Pidie

Cut Ela Safira, 190206027 (2023) Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Budaya Islami di SMPN 1 Tangse Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Budaya  Islami di SMPN 1 Tangse Pidie] Text (Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Budaya Islami di SMPN 1 Tangse Pidie)
Cut Ela Safira, 190206027, FTK, MPI, 085255965818.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan karakter adalah usaha untuk mengembangkan karakter khususnya pada peserta didik dengan pendidikan, sehingga terbentuk nilai- nilai karakter yang baik terutama dengan budaya islami yang ada disekolah untuk mengatasi krisis moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami di SMPN 1 Tangse Pidie, untuk mengetahui proses pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami di SMPN 1 Tangse Pidie dan untuk mengetahui hambatan pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami di SMPN 1 Tangse Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru agama dan peserta didik di SMPN 1 Tangse Pidie. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Strategi kepala sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami sudah dilaksanakan dengan baik. Strategi moral modelling, strategi nasihat dan strategi pembiasaan adalah yang paling banyak diterapkan di SMPN 1 Tangse Pidie, 2) Proses pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam belajar, mendasarkan pada perbedaan individu yaitu dalam hal memberi arahan dan pembinaan kepada peserta didik, mengaitkan teori dengan praktik pada saat belajar, mengembangkan komunikasi dan kerja sama dalam belajar, meningkatkan keberanian peserta didik, meningkatkan pembelajaran dan menyesuaikan pelajaran dengan taraf operasi konkret dan 3) Hambatan pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami diantaranya lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, dan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Peserta Didik, Budaya Islami
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cut Ela Safira
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:13
Last Modified: 06 Jun 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29471

Actions (login required)

View Item
View Item