Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Aceh Singkil

Muni Febrianti, 170604088 (2022) Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi] Text (Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi)
Muni Febrianti, 170604088, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Singkil merupakan sebuah daerah di Provinsi Aceh yang memiliki potensi alamnya sangat mempesona bila dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Aceh. Dalam penelitian ini adalah pada saat PDRB mengalami kenaikan Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara dan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara beberapa tahun mengalami fluktuasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar pengaruh jumlah kunjungan wisatawan nusantara terhadap PDRB di Kabupaten Aceh Singkil? berapa besar pengaruh jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terhadap PDRB di Kabupaten Aceh Singkil? dan berapa besar jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terhadap PDRB di Kabupaten Aceh Singkil?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terhadap PDRB di Kabupaten Aceh Singkil. Menggunakan metode penelitian kuantitatif data sekunder dengan sumber data berasal dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Singkil. Dalam penelitian ini periode waktu yang digunakan berkisar pada tahun 2010-2020. Menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Pengolahan data penelitian ini menggunakan bantuan program Eviews. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan nusantara berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) dan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB). Jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan jumlah knjungan wisatawan mancanegara secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muni Febrianti Muni
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:17
Last Modified: 06 Jun 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29475

Actions (login required)

View Item
View Item