Optimalisasi Industri Kreatif Pada Bidang Pariwisata Halal (Studi Kasus di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga Aceh Besar)

Jihan Zahirah, 190602031 (2023) Optimalisasi Industri Kreatif Pada Bidang Pariwisata Halal (Studi Kasus di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Optimalisasi Industri Kreatif Pada Bidang Pariwisata Halal] Text (Optimalisasi Industri Kreatif Pada Bidang Pariwisata Halal)
Jihan Zahirah, 190602031, FEBI, ES, 0895600311533.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kecamatan Lhoknga merupakan wilayah yang mempunyai potensi industri kreatif pada bidang pariwisata halal salah satunya yaitu industri kerajinan rotan. industri kerajinan rotan merupakan salah satu usaha kecil rumah tangga informal dengan memanfaatkan hasil rotan yang tumbuh di daerah tempat tinggal. Setiap usaha menginginkan hasil produksi yang lebih maksimal dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Peran industri ekonomi kreatif dalam meningkatkan potensi pariwisata halal dan untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan yang memadai dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya cipta individu tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang di lakukan oleh pemerintah Daerah Aceh Besar serta pandangan ekonomi Islam dalam mengoptimalkan industri kreatif pada bidang pariwisata halal di Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan usaha kerajinan rotan ini telah dilakukan oleh pihak pemerintahan desa maupun Dekranasda dan lainnya baik dari bentuk program kemitraan, pembinaan/pendampingan dan pembiayaan. Pandangan ekonomi Islam terhadap upaya untuk mengoptimalkan industri kreatif pada bidang pariwisata halal dapat meningkatkan pendapatan daerah dapat rmemberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan pengrajin rotan di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar melalui pertumbuhan dan kemajuan ekonomi yaitu menjalankan usaha kerajinan rotan ini dengan menerapkan nilai-nilai syariah seperti tidak melakukan atau bahkan menjauhkan perbuatan curang, riba, dan sebagainya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Jihan Zahirah Jihan
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:17
Last Modified: 06 Jun 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

View Item
View Item