Pengembangan APE Rambu Lalu Lintas untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh.

Umi Salamah, 170210092 (2021) Pengembangan APE Rambu Lalu Lintas untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan APE Rambu Lalu Lintas untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh.] Text (Pengembangan APE Rambu Lalu Lintas untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh.)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di TK IT Permata Sunnah. Anak kelas A ditemukan masih sulit untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan suasana lingkungan, adapun ciri anak yang sulit menyesuaikan diri di sini seperti menunjukkan kekhawatiran, kecemasan yang berlebihan, sering bertengkar dengan teman, beberapa anak juga memiliki sifat egosentris, tidak mau bekerja sama, dan masih belum mau berbagi mainan dengan temannya, sebagian anak juga masih belum bisa berkonsentrasi dan sering teralihkan perhatiannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan APE rambu lalu lintas untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan ialah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, diantaranya yaitu, (Analysis) meliputi analisis masalah berupa penggunaan APE rambu lalu lintas, (Design) yaitu tahapan merancang APE rambu lalu lintas, (Development) yaitu validasi oleh ahli media dan validasi oleh ahli materi serta revisi produk, (Implementation) yaitu uji coba produk APE rambu lalu lintas yang dilakukan di TK IT Permata Sunnah, (Evaluation) yaitu tahapan revisi untuk mendapatkan produk akhir. Teknik pengumpulan data melalui observasi berupa lembar validasi ahli media dan validasi ahli materi untuk pengembangan APE rambu lalu lintas, dan beserta lembar observasi penilaian guru untuk anak. Berdasarkan analisis kelayakan APE rambu lalu lintas oleh ahli media memperoleh katagori layak dengan skor 77,08. Hasil analisis APE rambu lalu lintas ahli materi memperoleh katagori sangat layak dengan skor 87,5. Sedangkan hasil dari lembar observasi APE rambu lalu lintas dengan katagori sangat baik dengan skor 96,4. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa APE rambu lalu lintas untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Umi Salamah Umi
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:19
Last Modified: 06 Jun 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29482

Actions (login required)

View Item
View Item