Pemahaman Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terhadap Ayat- ayat tentang Etika Bernteraksi Laki-Laki dan Perempuan.

Alfia Rahmi, 190303034 (2023) Pemahaman Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terhadap Ayat- ayat tentang Etika Bernteraksi Laki-Laki dan Perempuan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ayat- ayat tentang Etika Bernteraksi Laki-Laki dan Perempuan.] Text (Ayat- ayat tentang Etika Bernteraksi Laki-Laki dan Perempuan.)
Alfia Rahmi, 190303034, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pemahaman Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terhadap Ayat-ayat tentang Etika Berinteraksi Laki-laki dan Perempuan. Banyak ditemukan mahasiswa yang sudah menerapkan nilai-nilai etika interaksi Qurani tetapi belum konsisten dalam setiap kondisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Data penelitian lapangan dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terkait kriteria etika interaksi Qurani, pemahaman menerjemahkan, menafsirkan, mengeksplorasikan dan contoh etika interaksi Qurani sebagian besar mereka sudah paham dan mengetahui tentang kriteria etika interaksi Qurani tersebut. Adapun mengenai tingkat pemahaman tentang etika interaksi Qurani sebagian dari mereka sudah mampu memahami sampai pada tahap mengeksplorasikan dan sebagian dari mereka juga memahami sampai pada tahap menafsirkan. Sedangkan terkait pengamalan tentang etika interaksi Qurani di dalam ruangan kelas dan perpustakaan mereka sudah menerapkan kriteria etika interaksi Qurani. Sedangkan pengamalan di kantin, pasar dan tempat umum hanya sebagian kecil yang sudah benar-benar beretika interaksi Qurani dan sebagian besar lainnya belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari karena kriteria etika interaksi Qurani terlalu berat diterapkan dalam lingkungan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Alfia Rahmi Alfia
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:14
Last Modified: 06 Jun 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29487

Actions (login required)

View Item
View Item