Penerapan Sistem Pengendalian Internal Dalam Pelayanan Referensi Di Perpustakaan Dan Dinas Kearsipan Kabupaten Aceh Besar

Raudhatul Jannah, 160503079 (2023) Penerapan Sistem Pengendalian Internal Dalam Pelayanan Referensi Di Perpustakaan Dan Dinas Kearsipan Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Penerapan Sistem Pengendalian Internal Dalam Pelayanan Referensi Di Perpustakaan Dan Dinas Kearsipan Kabupaten Aceh Besar] Text (Penerapan Sistem Pengendalian Internal Dalam Pelayanan Referensi Di Perpustakaan Dan Dinas Kearsipan Kabupaten Aceh Besar)
Raudhatul Jannah, 160503079, FAH, IP, 082369198137.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang penerapan sistem pengendalian internal dengan pelayanan referensi di Dinas Kearsipan Kabupaten Aceh Besar untuk menilai tingkat keberhasilan petugas pelayanan referensi dalam mengetahui kendala yang dihadapi oleh petugas perpustakaan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna. Pertanyaanya apakah sistem pengendalian internal dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif merupakan penelitian untuk menggambarkan peristiwa secara sistematis, aktual dan akurat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan Informan sebanyak tujuh orang yang di lakukan wawancara terdiri dari kepala perpustakaaan, tiga pustakawan dan 3 pemustakan. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa penerapan sistem pengendalian internal dalam pelayanan referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh besar telah diterapkan sejak Tahun 2019 dan telah diberikan pelatihan dalam pelayanan perpustakan dan pengawasan serta dilakukan evaluasi setiap setahun sekali yang bertujuan agar tugas dan tanggung jawab yang diberikan dapat diselesaikan dengan cara maksimal, sedangkan pada bagian pelayanan referensi petugas perpustakaan melakukan kegiatan menyampaikan informasi dan bimbingan penelusuran informasi kepada pengguna agar pengguna dapat menemukan informasi yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Raudhatul Jannah Raudhatul
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:19
Last Modified: 06 Jun 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29489

Actions (login required)

View Item
View Item