Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Religiusitas terhadap Minat Para Pedagang Pasar Simpang Peut Mengeluarkan Zakat di Baitul Mal Nagan Raya

Rosa Selviana Putri, 190602038 (2023) Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Religiusitas terhadap Minat Para Pedagang Pasar Simpang Peut Mengeluarkan Zakat di Baitul Mal Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Minat Pasar Simpang Peut Mengeluarkan Zakat] Text (Minat Pasar Simpang Peut Mengeluarkan Zakat)
Rosa Selviana Putri, 190603038, FEBI, ES, 082292064486.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tingkat pemahaman pedagang yang relatif rendah mengenai keagamaan khususnya zakat berpengaruh kuat terhadap semua aspek kehidupan manusia, khususnya berdampak pada kesadaran masyarakat membayar zakat. Dengan demikian kepercayaan dan religiusitas pada pedagang pasar Simpang Peut masih terdapat kekurangan pada aspek kesadaran diri dari pihak pedagang pasar Simpang Peut dalam mengeluarkan zakat ke pada lembaga pihak Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan dan religiusitas terhadap minat para pedagang pasar Simpang Peut mengeluarkan zakat di Baitul Mal Nagan Raya secara parsial maupun simultan. Adapun jenis dari penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 36 responden. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel bebas (kepercayaan dan religiusitas) terhadap variabel terikat (minat) para pedagang pasar Simpang Peut mengeluarkan zakat di Baitul Mal Nagan Raya. Secara simultan kepercayaan dan religiusitas juga secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap minat para pedagang Pasar Simpang Peut mengeluarkan zakat di Baitul Mal Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosa Selviana Putri Rosa
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:19
Last Modified: 06 Jun 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29491

Actions (login required)

View Item
View Item