Dampak Game High Domino Island Terhadap Kesadaran Moral Mahasiswa Di Banda Aceh (Ditinjau Dalam perspektif Filsafat moral Immanuel Kant Dan Al-Ghazali)

Azis Maulana, 180301018 (2023) Dampak Game High Domino Island Terhadap Kesadaran Moral Mahasiswa Di Banda Aceh (Ditinjau Dalam perspektif Filsafat moral Immanuel Kant Dan Al-Ghazali). Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of (Membahas Tentang Dampak Game High Domino Island Terhadap Kesadaran Moral Mahasiswa)] Text ((Membahas Tentang Dampak Game High Domino Island Terhadap Kesadaran Moral Mahasiswa))
Azis Maulana, 180301018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dampak game high domino island yang menyebabkan dekadensi moral, telah menjerumuskan mahasiswa kedalam problematika yang layak untuk dicermati. Disamping dampak positif yang tidak sebanding, krisis moral terkait dampak negatif yang dirasakan bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Memiliki dampak yang buruk selain pada kesehatan, juga lebih-lebih terhadap moral. Mulai dari ketergantungan sampai pada gangguan pada psikologis.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja dampak positif dan negatif game high domino island terhadap kesadaran moral mahasiswa. Kemudian juga untuk mengetahui dekadensi moral mahasiswa yang ditinjau dalam filsafat moral Immanuel Kant dan al-Ghazali. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam hal pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa bermain game high domino island dilatarbelakangi adanya persepsi tentang keuntungan yang didapat berupa uang maupun pulsa dan juga sebagai hiburan di waktu luang. Kemudian dampak negatif yang menyebabkan dekadensi moral diantaranya: gangguan psikologis, toxic, hilangnya adab dan sopan santun, hilangnya tanggung jawab terhadap agama, dan sulit dalam mengontrol waktu. Dalam tinjauan filsafat moral Immanuel Kant dan al-Ghazali dekadensi moral pada mahasiswa peminat game high domino island melahirkan sikap-sikap buruk, seperti menolak hati nuraninya. Dimana hatu nurani manusia sebagai kewajiban yang mutlak pada hidupnya. Menolak kebebasan atau kehendak yang objektif. Akibatnya menimbulkan perilaku deviasi yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip moralitas. Menjadi pribadi yang bersalah dari ajaran-ajaran agama yang membuat mahasiswa terjerumus kedalam dunia perjudian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Azis Maulana
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:02
Last Modified: 07 Jun 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29525

Actions (login required)

View Item
View Item