Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng

Fatia Nasyifa, 170201045 (2023) Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di TPA  Baitusshalihin Ulee Kareng] Text (Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng)
Fatia Nasyifa, 170201045, FTK, PAI, 082267195442.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng dalam mengajarkan dan melatih para santri untuk menghafal Al-Qur'an secara utuh. Selain itu juga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tahfidz Al-Qur'an yang dimulai dari perencanaan pembelajaran, kegiatan inti, hingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran dan kendala ketika pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian ini dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan. Dengan menggunakan penelitian kualitatif ini, penulis dapat memperoleh data yang akurat, yang ditinjau dari penyajian datanya, metode deskriptif merupakan penelitian yang tidak mencari atau menjelaskan hubungan, menguji hipotesis ataupun prediksi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan di TPA Baitusshalihin sangat baik sesuai dengan perencanaan yang telah di rencanakan oleh ustazah kelas tahfidz. Dengan menggunakan metode wahdah santri menghafal ayat yang akan disetorkan kepada ustazah pembimbing. Adapun kendala yang didapati oleh peneliti setelah melakukan penelitian yaitu waktu yang sangat singkat sehingga proses pembelajaran tahfidz Al-Qur'an yang dilaksanakan kurang efektif.
Manfaat penelitian ini bahwa agar kita mengetahui bagaimana pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di TPA Baitusshalihin dalam membina dan memotivasi para santri untuk menghafal Al-Qur'an sehingga menjadi motivasi bagi kita semua dan para generasi masa depan lainnya untuk menghafal Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatia Nasyifa Fatia
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:43
Last Modified: 07 Jun 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29543

Actions (login required)

View Item
View Item