Pengaruh Penggunaan Media Quizwhizzer Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas VIII MTsN 4 Aceh Barat Daya

Dian Assyura, 180207073 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Quizwhizzer Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas VIII MTsN 4 Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Quizwhizzer] Text (Media Quizwhizzer)
Dian Assyura, 180207073, FTK, PBL, 081222439035.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil observasi di MTsN 4 Aceh Barat Daya pada materi sistem pencernaan makanan masih kurangnya pemanfaatan media dan penerapan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa mudah merasa bosan dan berakibat rendahnya hasil belajar siswa, salah satu solusinya dengan menggunakan media QuizWhizzer. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pengaruh penggunaan media QuizWhizzer pada model pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di MTsN 4 Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pre-experimenta dengan menggunakan model one group pretest posttest design. Populasi motivasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Aceh Barat Daya, sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII D yang berjumlah 20 orang siswa dengan pemilihan sampel secara purposive samping. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis motivasi siswa menggunakan lembar observasi pada pertemuan 1 yaitu 62,5% dan pada pertemuan 2 yaitu 77,7% dan analisis menggunakan lembar angket diperoleh nilai rata-rata 87% yang keduanya di kategorikan sangat tinggi. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media QuizWhizzer mendapatkan nilai rata-rata pretest 52,5 % dan setelah menggunakan media QuizWhizzer mendapatkan nilai rata-rata posttest 81,6%. Analisis uji t diperoleh thitung=21,3137 dan ttabel=2,093, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tergadap pengaruh penggunaan media QuizWhizzer pada model pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di MTsN 4 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dian Assyura Dian
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:43
Last Modified: 07 Jun 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item
View Item