Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri. 8 Banda Aceh.

Sri Wahyuni, 170201056 (2023) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri. 8 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa] Text (Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa)
Sri Wahyuni, 170201056, FTK, PAI, 089636350775.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kecardasan emosioanal merupakan kemampuan seseorang dalam mengenal emosinya dan memahami emosi orang lain, kecerdasan emosional sangat berpengaruh dalam mencapai suatu keberhasilan dalam dunia pendidikan keberhasilan tidak hanya di dukung oleh kecerdasan intelektual saja tetapi kecerdasan emosional sangat berperan penting dalam mencapai keberhasilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana upaya Guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri. 8 Banda Aceh Dan strategi apa saja yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri. 8 Banda Aceh. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkat kecerdasan emsosional di SMP Negeri. 8 Banda Aceh. Dan juga bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa, serta problematika dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa. Dan hambatan dan solusi apa saja yang diberikan guru PAI dalam peningkatan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian ini dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan. Dengan menggunakan penelitian kualitatif ini, penulis dapat memperoleh data yang akurat, yang di tinjau dari penyajian datanya, metode deskriptif merupakan penelitian yang tidak mencari atau menjelaskan hubungan, menguji hipotesis ataupun prediksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri. 8 Banda Aceh. Guru melakukan upaya dalam peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan memotivasi siswa, memanajemen emosi siswa, empati, serta meningkatkan kesadaran diri siswa agar siswa mempunyai rasa kepedulian, selalu bersemangat, tidak mudah putus asa dan memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa guru juga menerapkan strategi dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Begitu juga dengan strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa, yaitu dengan pendekatan individual,pendekatan klasikal, dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam membiasakan sikap peduli terhdap sesama melalui pendekatan diaglogis dan komunikatif aktif. Adapun yang menjadi hambatan guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa adalah kurangnya pemahaman siswa tentang pentingnya memiliki kecerdasan emosional serta kurangnya kepedulian dan kemauan siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. dan juga kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru dalam memberikan bimbingan tentang pentingnya memotivasi diri, kesadaran diri, mengatur emosi, memiliki rasa kepedulian antar sesama.Manfaat penelitian ini bahwa agar kita mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri. 8 Banda Aceh sehingga menjadi motivasi bagi kita semua dan para generasi masa depan lainnya agar memiliki Kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Wahyuni Sri
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:05
Last Modified: 07 Jun 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item
View Item