Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV MIN 10 Aceh Jaya

Miftahul Jannah, 190209019 (2023) Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV MIN 10 Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Dan     Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah   Kebudayaan Islam Di Kelas IV MIN 10 Aceh Jaya] Text (Penerapan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV MIN 10 Aceh Jaya)
MIFTAHUL JANNAH, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di MIN 10 Aceh Jaya, sebagian minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam belum mencapai KKM yaitu 75%. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar sehingga membuat siswa sulit untuk menguasai materi pembelajaran yang disampaikan, tingkat hasil minat dan hasil belajar siswa masih rendah, kurang menarik perhatian siswa pada saat proses pembelajaran dan membuat siswa menjadi pasif. Penelitian di MIN 10 Aceh Jaya bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, minat belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam penerapan Media Film pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penilitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 10 Aceh Jaya. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 74,03% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,30% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66,4% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,5% kategori sangat baik. Kemudian pada minat belajar di siklus I dengan nilai 60,3% kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 92,4% dengan kategori sangat tinggi. Pada hasil belajar siswa siklus I yaitu 65,02% dengan kategori cukup, kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan 82,06% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media Film dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftahul Jannah Miftahul
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:58
Last Modified: 07 Jun 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29557

Actions (login required)

View Item
View Item