Kompetensi Sosial Guru dalam Mengajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SMPLB YPPC Banda Aceh

Ikra Mina, 170201050 (2023) Kompetensi Sosial Guru dalam Mengajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SMPLB YPPC Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Sosial Guru dalam Mengajar Pendidikan Agama   Islam] Text (Kompetensi Sosial Guru dalam Mengajar Pendidikan Agama Islam)
Ikra Mina, 170201050, FTK, PAI, 085272921947.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi sosial adalah kemampuan yang harus di miliki seorang guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan siswa, tenaga kependidikan, orang tua/wali siswa, dan masyarakat di mana mereka berada. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana kompetensi sosial guru dalam mengajar pendidikan Agama Islam pada siswa berkebutuhan khusus di SLB YPPC Banda Aceh. Dan Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kompetensi sosial guru dalam mengajar pendidikan Agama Islam pada siswa berkebutuhan khusus di SLB YPPC BandaAceh. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sosial guru dalam mengajar pendidikan Agama Islam pada siswa berkebutuhan khusus di SLB YPPC Banda Aceh dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa berkebutuhan khusus. Dan juga bertujuan untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kompetensi sosial guru dalam mengajar pendidikan Agama Islam pada siswa berkebutuhan khusus di SLB YPPC Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian ini dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan. Dengan menggunakan penelitian kualitatif ini, penulis dapat memperoleh data yang akurat, yang ditinjau dari penyajian datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru di SLB YPPC Banda Aceh berjalan dengan baik, dan juga menjalin hubungan baik sesama tim dan siswanya. Selalu memberikan kasih sayang yang lebih kepada siswanya. Adapun kendala yang didapati oleh peneliti setelah melakukan penelitian yaitu pembelajaran yang dilaksanakan tidak berlangsung keintinya, akan tetapi memulai pembelajaran tengantung dengan kondisi siswanya. Manfaat penelitian ini bahwa agar kita mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru dalam mengajar pendidikan Agama Islam di SLB YPPC Banda Aceh sehingga menjadi motivasi bagi kita semua dan para generasi masa depan lainnya agar memiliki kompetensi sosial yang baik terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikra Mina Ikra
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:05
Last Modified: 07 Jun 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29559

Actions (login required)

View Item
View Item