Analisis Swot Terhadap Penerapan Financial Technology (Fintech) Pada Perbankan Syariah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah)

Arni Yuliza, 180603143 (2023) Analisis Swot Terhadap Penerapan Financial Technology (Fintech) Pada Perbankan Syariah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Swot Terhadap Penerapan Financial Technology (Fintech ) Pada Perbankan Syariah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah)] Text (Analisis Swot Terhadap Penerapan Financial Technology (Fintech ) Pada Perbankan Syariah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah))
Arni Yuliza, 180603143, FEBI, PS, 087807541341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Financial Technologi merupakan inovasi di bidang jasa keuangan yang menjadikan setiap transaksi keuangan dilakukan dengan menggunakan sistem jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fintecth pada perbankan syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis data menggunakan matrix SWOT dalam menentukan peluang dan tantangan penerapan fintech pada Bank Aceh Syariah. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upaya digitalisasi dan penerapan fintech dengan melakukan invoasi pada produk dan layanan seperti, Mobile Banking, e-money, Cash Management System (CSM) Cash Recycling Machine (CRM), Electronic Data Capture (EDC), QRIS dan ATM. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa Bank Aceh Syariah memiliki peluang yang besar dalam penerapan fintech pada sistem keuanganya dapat mempermudah nasabah seperti transfer dana, pembayaran, peminjaman modal, pembiayaan hingga pengelolaan aset. Disamping itu dalam penerapannya fintech sangat bergantung pada jaringan internet dimana ini menjadi kelemahan yang ada pada Bank Aceh karena masih lemahnya sistem jaringan yang ada serta masih banyak SDM yang kurang siap untuk menjalankan layanan digital. Tantangan penerapan fintech adalah maraknya tindak kejahatan (Cyber Crime).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Financial Technologi, Bank Syariah, SWOT Analisis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Arni Yuliza
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:55
Last Modified: 07 Jun 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29561

Actions (login required)

View Item
View Item