Peran Kepemimpinan Imam Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Di Gampong Dayah Kruet Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya

Zamratul Aini, 160201165 (2023) Peran Kepemimpinan Imam Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Di Gampong Dayah Kruet Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Kepemimpinan Imam Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Di Gampong Dayah Kruet Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya] Text (Peran Kepemimpinan Imam Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Di Gampong Dayah Kruet Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya)
Zamratul Aini, 160201165, FTK, PAI, 082370812756.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan tercapainya tujuan dari suatu lembaga atau organisasi. Peran kepemimpinan seorang imam menjadi panutan bagi masyarakat untuk berbuat kebajikan, mencontohkan segala yang diperintahkan dalam Al-Qur‟an dan Hadits agar masyarakat semakin bertakwa dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT. Penelitian ini merumuskan masalah dan bertujuan untuk mengetahui, (1) bagaimana peran kepemimpinan imam dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di Gampong Dayah Kruet Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya,
(2) bagaimana pandangan masyarakat terhadap peran kepemimpinan imam dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di Gampong Dayah Kruet Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) peran kepemimpinan imam dalam meningkatkan pendidikan agama Islam yaitu dengan mengadakan tahlilan, pengajian umum, khusus, dan memiliki sebuah lembaga Islam yaitu Sirul Mubtadin. (2) pandangan masyarakat terhadap kepemimpinan Imam sudah baik, dalam menjalankan tugasnya Imam bisa mengajak masyarakat kejalan yang benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zamratul Aini
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:10
Last Modified: 07 Jun 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item
View Item