Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Kelas Tinggi MIN 11 Aceh Besar

Aprilia Afwika, 160209114 (2021) Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Kelas Tinggi MIN 11 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Teori Newman] Text (Teori Newman)
aprilia Afwika, 160209114, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Hasil observasi pendahuluan yang dilakukan di sekolah MIN 11 Aceh Besar tepatnya di kelas IV-1 terlihat bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menyelesaikan soal matematika saat soal tersebut diubah kedalam bentuk soal cerita, siswa tidak memahami dan tidak mampu menyelesaikan soal cerita tersebut disebabkan karena tidak memahami soal dan tidak terbiasa dengan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita yang ditinjau dari gaya kognitif dan mendeskripsikan penyebab kesalahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu 3 dari 25 siswa kelas IV-1 MIN 11 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan carat tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa kognitif tinggi melakukan kesalahan pada keterampilan proses, siswa kognitif sedang melakukan kesalahan juga pada keterampilan proses dan siswa kognitif rendah mengalami kesalahan pada membaca soal, transformasi soal dan keterampilan proses dan penyebab kesalahan yang siswa lakukan berdasarkan prosedur Newman ialah, tidak dapat memahami soal dengan baik, masih bingung langkah untuk mengerjakan soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurangnya penguasaan materi, tidak terbiasa menuliskan atau menggunakan satuan dan tidak terbiasa mengerjakan soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aprilia Afwika Lia
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:11
Last Modified: 07 Jun 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item
View Item