Hubungan Kasih Sayang Orang Tua terhadap Motivasi Santri Penghafal Al-Qur’an Di SMA Plus Al-Athiyah Beurawe Kuta Alam Banda Aceh

Rahma Gustia, 190303001 (2023) Hubungan Kasih Sayang Orang Tua terhadap Motivasi Santri Penghafal Al-Qur’an Di SMA Plus Al-Athiyah Beurawe Kuta Alam Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Kasih Sayang Orang Tua terhadap  Motivasi Santri Penghafal Al-Qur’an] Text (Hubungan Kasih Sayang Orang Tua terhadap Motivasi Santri Penghafal Al-Qur’an)
Rahma Gustia, 190303001, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Secara teori kasih sayang orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar santri, demikian halnya dalam menghafal Al-Qur'an. Namun, anak-anak di SMA Plus Al-Athiyah menunjukkan realitas yang berbeda, dimana terdapat anak-anak yang memiliki motivasi menghafal Al-Qur'an yang tinggi meskipun mereka kurang mendapatkan kasih sayang dan support orang tua, demikian juga sebaliknya. Penelitian ini mengkaji tingkat kasih sayang orang tua, tingkat motivasi santri serta hubungan antara variabel kasih sayang orang tua dengan motivasi santri penghafal Al-Qur'an. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang telah diuji validitas dan reabilitas. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SPSS 20. Tingkat kasih sayang dan motivasi santri penghafal Al-Qur'an dianalisis secara deskriptif sedangkan hubungan kasih sayang dengan motivasi santri penghafal Al-Qur'an dianalisis secara inferensial dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kasih sayang orang tua dan tingkat motivasi santri penghafal Al-Qur'an sama-sama berada pada tingkat tinggi yaitu 3.5231 dan 3.0691. Selanjutnya hubungan kasih sayang orang tua terhadap motivasi santri penghafal Al-Qur'an menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dengan nilai signifikan (0,000) lebih rendah atau kurang dari (0,005).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahma Gustia Rahma
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:22
Last Modified: 07 Jun 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29576

Actions (login required)

View Item
View Item