Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Produk Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)

Fajri Rahmi, 190603416 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Produk Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Produk Terhadap  Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Produk Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia)
Fajri Rahmi, 190603416, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu unsur penilaian konsumen/nasabah terhadap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pelayanan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan sikap yang jujur, melayani dengan rendah hati dan tidak meremehkan konsumen, dalam pelayanan menggunakan pedoman Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan pemahaman produk terhadap minat menabung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 100 responden yang sebelumnya ditentukan dengan teknik purposive sampling. Dalam membuktikan dan menganalisis data, maka digunakan Uji validitas, reliabilitas, Uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji F(simultan) dan uji T (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel kualitas pelayanan dan pemahaman produk secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry pada Bank Syariah Indonesia karena memiliki nilai signifikan 0,000<0,05. Variabel kualitas pelayanan dan pemahaman produk secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry pada Bank Syariah Indonesia Hal ini ditunjukkan juga dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa nilai R2 (R square) sebesar 0,703 yang berarti 70,3%. Hal ini menunjukkan bahwa minat menabung mahasiswa FEBI pada Bank Syariah Indonesia dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan pemahaman produk . Sedangkan sisanya sebesar 0,297 atau 29,7% dijelaskan oleh faktor lain di luar dari penelitian ini Seperti Promosi, Kualitas Produk, Lokasi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Fajri Rahmi Fajri
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:39
Last Modified: 09 Jun 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item
View Item