Pola Komunikasi Sosialisasi Subsidi Kuota Internet Kepada Mahasiswa (Studi Pada Sub Bagian Hubungan Masyarkat Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh)

Aufar Farizi, 170401080 (2022) Pola Komunikasi Sosialisasi Subsidi Kuota Internet Kepada Mahasiswa (Studi Pada Sub Bagian Hubungan Masyarkat Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Komunikasi Sosialisasi Subsidi Kuota Internet Kepada Mahasiswa (Studi Pada Sub Bagian Hubungan Masyarkat Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh)] Text (Pola Komunikasi Sosialisasi Subsidi Kuota Internet Kepada Mahasiswa (Studi Pada Sub Bagian Hubungan Masyarkat Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh))
Aufar Farizi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pola komunikasi adalah model seseorang dalam berkomunikasi, dengan adanya berbagai macam model komunikasi dan berbagai proses komunukasi akan dapat ditemukan pola komunikasi yang cocok untuk menyampaikan pesan komunikasi. Penelitian ini mengkaji tentang“Pola Komunikasi Sosialisasi Humas UIN Ar-Raniry dalam Pemberian Subsidi Kuota Internet kepada Mahasiswa (studi pada sub bagian humas UIN Ar-Raniry). Hubungan masyarakat atau yang disingkat dengan Humas yang merupakan salah satu unit kerja, dinas dan instansi yang bertugas melakukan kegiatan komunikasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya dalam hal penyebaran informasi. Demikian halnya juga dengan Humas UIN Ar-Raniry yang merupakan unit kerja di UIN Ar-Raniry yang bertugas menjalankan penyebaran informasi kepada publik. Kota internet merupakan aspek utama yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menajalankan perkuliahan dimasa pandemi covid-19. Namun penyidiaaan kuota tidak diterima dengan merata oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana pola komunikasi Humas UIN Ar-Raniry dalam mensosialisasikan subsidi kuota internet kepada mahasiswa dan bagaimana hambatan-hambatan komunikasi yang dialami oleh Humas UIN Ar-Raniry dalam mensosialisasikan subsidi kuota internet kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry. Tujuannya, penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi Humas UIN Ar-Raniry dalam mensosialisasikan subsidi kuota internet dan untuk mengetahui hambatan-hambatan komunikasi yang dialami oleh Humas UIN Ar-Raniry dalam mensosialisasikan subsidi kuota internet kepada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan pola komunikasi yang digunakan adalah pola komunikasi sekunder dimana Humas menggunakan sarana media dalam sosialisasi. Hambatan yang dialami oleh Humas UIN Ar-Raniry dalam sosialisasi meliputi beberapa faktor, faktor lingkungan, informasi yang tidak satu pintu, nomor Hp mahasiswa tidak aktif, minimnya mahasiswa yang mendapatkan informasi. Namun sebagian mahasiswa tidak mengikuti akun media sosial UIN Ar-Raniry sehingga tidak mendapatkan akses informasi penyediaan subsdi kuota internet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aufar Farizi Aufar
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:41
Last Modified: 08 Jun 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29586

Actions (login required)

View Item
View Item