Strategi Komunikasi Kepemimpinan Bupati Bireuen Dalam Melestarikan Warisan Budaya

Refanda Akbar, 170401002 (2022) Strategi Komunikasi Kepemimpinan Bupati Bireuen Dalam Melestarikan Warisan Budaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Kepemimpinan Bupati Bireuen Dalam Melestarikan Warisan Budaya] Text (Strategi Komunikasi Kepemimpinan Bupati Bireuen Dalam Melestarikan Warisan Budaya)
Refanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Strategi komunikasi mengacu pada perumusan tugas, tujuan, dan sasaran organisasi dalam kepemimpinan. Seorang pemimpin terus dituntut untuk dapat melakukan sesuatu atau mengeluarkan sebuah kebijakan yang mampu memberikan manfaat secara nyata kepada yang dipimpinnya. Warisan budaya menjadi salah satu hal yang sangat penting dijaga kelestariannya. Pemerintah wajib memahami ini, bahkan mengajak masyarakat secara umum untuk ikut menjaganya. Namun, kenyataannya yang terjadi di lapangan, khususnya di Kabupaten Bireuen, warisan budaya di sana kurang mendapat perhatian. Ada kesan, pemerintah daerah abai dalam melestarikan warisan budaya di Bireuen. Kebijakan pemerintah daerah tidak terkomunikasi hingga ke masyarakat. Penelitian ini mengkaji “Strategi Komunikasi Kepemipinan Bupati Bireuen Dalam Melestarikan Warisan Budaya.” Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola yang dilakukan oleh Bupati Bireuen, bagaimana strategi komunikasi kepemimpinan Bupati Bireuen dalam melestarikan warisan budaya, kegiatan yang telah dilaukan, dan solusi yang telah dilahirkan. Teori yang dipakai menggunakan sistem informasi organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang digunakan oleh Bupati Bireuen dalam melestarikan warisan budaya adalah dengan memberikan mandate kepada jajarannya pada bidang kebudayaan pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen. Program yang dilakukan oleh bidang kebudayaan dalam melestarikan warisan budaya untuk para pegiat seni setempat yaitu festival kebudayaan, pendataan dan melakukan pendekatan dengan para pegiat seni melalui kegiatan forum diskusi kebudayaan. Ini menjadi sebuah solusi untuk para Pegiat seni dan masyarakat dalam merawat warisan budaya hingga masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Refanda Akbar Refanda
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:41
Last Modified: 08 Jun 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29587

Actions (login required)

View Item
View Item