Pendekatan Realistik Mathematic Education dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Kelas III MIN 26 Aceh Besar

Fadhlia, 190209128 (2023) Pendekatan Realistik Mathematic Education dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Kelas III MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Realistik Mathematic Education dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa kelas III MIN 26 Aceh Besar.] Text (Pendekatan Realistik Mathematic Education dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa kelas III MIN 26 Aceh Besar.)
Skripsi (Fadhlia 190209128).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan sebelumnya di MIN 26 Aceh Besar pada kelas III-a, terlihat kemampuan siswa dalam memahami konsep pecahan masih kurang sebagaimana dapat dilihat dari hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 73. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pendekatan Realistik Mathematic Education dengan model kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Realistik Mathematic Education dengan model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika kelas III-a MIN 26 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III-a yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 71,66%, siklus II meningkat menjadi 83,33%, sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 95%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 68,33%, siklus II memperoleh persentase 80% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 93,33% termasuk ketegori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Adapun untuk kemampuan pemahaman konsep pecahan bagi siswa pada siklus I memperoleh persentase 72,41%, siklus II meningkat menjadi 82,75% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 89,65% termasuk kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistik Mathematic Education dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan pemahaman konsep di kelas III-a MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fadhlia Lia
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:40
Last Modified: 08 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29589

Actions (login required)

View Item
View Item