Penerapan Model Mind Mapping dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Irma Silvia, 190209127 (2023) Penerapan Model Mind Mapping dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan  Model  Mind  Mapping  dengan  Media  Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Mind Mapping dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Irma Silvia, 190209127, FTK, PGMI Cetak (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

(1) Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan sebelumnya di MIN 26 Aceh Besar di kelas IV, terlihat hasil belajar siswa yang masih rendah, kurang ada interaksi aktif dengan guru, dan terdapat masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 73. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan model mind mapping dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa dalam penerapan model mind mapping dengan media audio visual pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 26 Aceh Besar. (3) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVa yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. (4) Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,81%, siklus II meningkat menjadi 83,33% sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 95%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 70,23%, siklus II memperoleh 78,57% dan pada siklus III meningkat menjadi 92,85%. Adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 60%, siklus II memperoleh persentase 76% dan meningkat lagi menjadi 88% termasuk kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping dengan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas IV MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irma Silvia Irma
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:40
Last Modified: 08 Jun 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29590

Actions (login required)

View Item
View Item