Persepsi Mahasiswa Arsitektur UIN Ar-Raniry terhadap Kebutuhan Sketsa Tangan dalam Profesi Arsitek di Tengah Kemajuan Teknologi

T Iskandar Muda, 160701100 (2022) Persepsi Mahasiswa Arsitektur UIN Ar-Raniry terhadap Kebutuhan Sketsa Tangan dalam Profesi Arsitek di Tengah Kemajuan Teknologi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebutuhan  Sketsa Tangan dalam Profesi Arsitek] Text (Kebutuhan Sketsa Tangan dalam Profesi Arsitek)
T. Iskandar Muda, 160701100, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pada zaman serba teknologi saat ini, teknologi digital memang sudah mempengaruhi setiap bidang dalam bagian kehidupan, termasuk pada bidang Arsitektur, perkembangan software yang terus mengalami perkembangan berpengaruh kepada Sebagian mahasiswa Arsitektur yang hanya dapat menghasilkan gambar digital dan tidak bisa menggambar sketsa dengan keterampilan tangan. Metode penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif, dimana pengertian dari metode kualitatif merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena-fenomena yang terkait dengan setiap persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan melalui deskripsi dalam bentuk kata-kata atau bahasa dalam konteks tertentu secara alami dan menggunakan berbagai metode ilmiah. Dari hasil persepsi perwakilan mahasiswa-mahasiswa arsitektur UIN Ar- Raniry Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa sketsa tangan merupakan sebuah metode pengungkapan ide dalam proses perancangan bangunan. Kemudian dijelaskan bahwa arsitek tidak akan pernah bisa lekang dari sketsa tangan karena sketsa tangan sangat membantu proses desain. Sebelum melakukan desain di komputer para arsitek melakukan sketsa terlebih dahulu sebelum merancang bangunannya, hal ini dilakukan untuk mempermudah proses desain. Karena biasanya jika ide yang terlintas tidak langsung dituangkan di atas kertas, pasti ide tersebut akan hilang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: T. Iskandar Muda Iskandar
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:41
Last Modified: 08 Jun 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29591

Actions (login required)

View Item
View Item