Kompetensi Pengelola Perpustakaan Madrasah Dalam Penerapan Teknologi Informasi Komunikasi (Penelitian Di Perpustakaan MAN Kota Banda Aceh)

Putri Mar Shita, 170503115 (2023) Kompetensi Pengelola Perpustakaan Madrasah Dalam Penerapan Teknologi Informasi Komunikasi (Penelitian Di Perpustakaan MAN Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of HQEsXMryLJZfe8msZ8HAnRgxXMDA3aU7EsGu97DaPmT7] Text (HQEsXMryLJZfe8msZ8HAnRgxXMDA3aU7EsGu97DaPmT7)
Putri Mar Shita, 170503115, FAH, IP, 082218420873.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kompetensi Pengelola Perpustakaan Madrasah Dalam Penerapan Teknologi Informasi Komunikasi (Penelitian di Perpustakaan MAN Kota Banda Aceh)”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pengelola perpustakaan madrasah dalam penerapan teknologi informasi di perpustakaan dan apa saja kendala yang dialami pengelola perpustakaan madrasah dalam penerapan teknologi informasi di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pengelola perpustakaan madrasah dalam penerapan teknologi informasi di perpustakaan dan mengetahui kendala yang dialami pengelola perpustakaan madrasah dalam penerapan teknologi informasi di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di tiga lokasi yaitu di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Banda Aceh, Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Banda Aceh, dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Banda Aceh. Responden dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 orang pustakawan dan 1 orang kepala perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Banda Aceh, 1 orang pustakawan dan 1 orang kepala perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Banda Aceh, serta 1 orang pustakawan dan 1 orang kepala perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Banda Aceh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dengan kepala perpustakaan dan satu orang pustakawan pada setiap lokasi penelitian, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian/display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kompetensi kepala perpustakaan MAN 1, MAN 2, dan MAN 3 sudah memenuhi dan menjalankan semua indikator penelitian dengan baik yakni memiliki kompetensi teknologi informasi terkait bagaimana mengelola aplikasi SLIMs/INLISLite yang sudah diterapkan untuk bekerja secara efektif dan efisien dengan dukungan yang kuat dari kepala pimpinan yang menjadikan sekolah MAN tersebut lebih maju dan berkembang. Adapun kendala pengelolaan perpustakaan yang terjadi adalah tenaga perpustakaan tidak berlatar belakang Pendidikan ilmu pepustakaan melainkan seorang guru yang telah mengikuti pelatihan sehingga masih perlu mengembangkan pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi SLIMs/INLISLite.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Putri Mar Shita Putri
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:48
Last Modified: 08 Jun 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29598

Actions (login required)

View Item
View Item