Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas VII SMPN 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Hasmawati, 180201029 (2023) Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas VII SMPN 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas VII SMPN 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah] Text (Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas VII SMPN 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah)
Hasmawati, 180201029, FTK, PAI, 083180792319.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Media Audio Visual merupakan salah satu jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran diperlukan dengan asumsi bahwa siswa dengan karakteristiknya memiliki kecerdasan, kreatifitas, dan motivasi yang dapat dikembangkan. Namun di SMPN 10 Takengon kelas VII pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam motivasi siswa dalam belajar masih kurang, siswa cenderung merasa bosan, malas, mengantuk, ribut, dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru ketika mengajar, ini karena guru cenderung menggunakan metode ceramah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1. Bagaimana penerapan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII SMPN 10 Takengon, 2. Apa faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII SMPN 10 Takengon. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket skala sikap, dan dokumentasi. Hasil penelitian: Kualifikasi hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dalam kriteria “cukup” dengan nilai 76,78 % dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi kriteria “amat baik” dengan nilai 94,6 %. Adapun hasil observasi aktivitas guru sebagai pendukung dalam menerapkan media audio visual pada siklus I dalam kriteria “baik” dengan nilai 85,4 % dan pada siklus II meningkat menjadi kriteria “amat baik” dengan nilai 97,9 %. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari jawaban angket yang dibagikan kepada siswa, pada siklus I persentase nilai yang diperoleh dari seluruh siswa mencapai 65 % dan digolongkan ke dalam kriteria “tinggi”, dan Siklus II meningkat ke dalam kriteria “Sangat Tinggi”, dengan memperoleh nilai 98,17 %. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan media audio visual dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII SMPN 10 Takengon, maka terjadinya peningkatan terhadap motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasmawati Hasmawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:07
Last Modified: 08 Jun 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29608

Actions (login required)

View Item
View Item