Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Eksistensi Diri (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Putri Aprilia Nanda, 190401021 (2023) Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Eksistensi Diri (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Eksistensi Diri (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Eksistensi Diri (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh))
Skripsi putri aprilia nanda!.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

TikTok merupakan suatu aplikasi berbagi yang saat ini sangat banyak digunakan oleh Kalangan anak muda akibat pengaruh lingkungan yang membuat seseorang tertarik menggunakan aplikasi TikTok ini sebagai wadah untuk memperluas jaringan pertemanan, mencari hiburan dan mendapatkan informasi. Keberadaan aplikasi TikTok ini dapat membantu seseorang untuk menunjukkan eksistensi dirinya di media sosial. Bentuk dari menunjukkan eksistensi diri disini bisa dilakukan dalam banyak hal seperti membuat video agar menambah kreativitas, membuat video mengenai pengetahuan dan fenomena-fenomena agar dapat menumbuhkan eksistensi dirinya yang masuk pada tahap perkembangan diri anak muda. Maksud dari penelitian ini untuk mengetahui tujuan dari pemanfaatan media sosial TikTok dalam meningkatkan eksistensi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Penggaruh lingkungan membuat seseorang tertarik terhadap media sosial, seperti pengguna media sosial yang melihat aplikasi TikTok bedasarkan seberapa banyak orang disekitarnya yang mengakses aplikasi TikTok sehingga dapat mengubah sudut pandang pengguna aplikasi lain agar ikut tertarik.Teori yang peneliti pakai dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification dimana teori ini membahas mengenai sesuatu yang dilakukan oleh seseorang terhadap sebuah media untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Selain itu metode yang peneliti pakai adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena yang mendalam dengan cara mengumpulkan data terkait pada penelitian tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Dari hasil penelitian ini nantinya peneliti akan melihat mengenai pemanfaatan media sosial TikTok dalan meningkatkan eksistensi diri pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa yang cenderung lebih berani untuk menunjukkan eksistensi dirinya di media sosial TikTok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Aprilia Nanda Putri
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:03
Last Modified: 08 Jun 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29611

Actions (login required)

View Item
View Item